Part 3: Traveling Dari Ho Chi Minh Ke Phnom Penh

Pada Part 2 sebelumnya, Saya menceritakan apa yang Kami lakukan sesudah sampai di Ho Chi Minh. Artikel kali ini traveling dari ho chi minh ke phnom penh part 3 ini akan menceritakan jadwal Kami keesokan harinya. Pada hari ke-2 Kami di Ho Chi Minh, Kami mengikuti Tur yang sudah Kami sebutkan sebelumnya dengan memesan secara online.

Tujuan wisata Kami hari ini adalah sebagai berikut :

• ·         Vinh Trang Pagoda.
  • ·         Naik Boat Di Tien River.
  • ·         Makan Siang di Tortoise Island ( Free Makan Siang, bisa upgrade ke Menu Spesial ).
  • ·         Naik Boat Ke Khanh In Ben Tre.
  • ·         Mengunjungi pembuatan permen kelapa.
  • ·         Menyantap buah segar dan teh madu Vietnam serta di aluni musik Vietnam.
  • ·         Kembali ke Hotel.

Itu lah daftar tujuan Kami hari ini dalam Full One Day Tur di Ho Chi Minh.

Tanggal 12 Maret 2019 lebih tepatnya Kami di haruskan bersiap lebih awal karena memang jadwal yang ditentukan sedari pagi. Dengan adanya sarapan pagi yang di sediakan hotel, maka Kami tidak perlu lagi repot untuk pergi keluar mencari sarapan pagi. Hidangan yang di sediakan cukup menarik dan enak untuk di makan. Kemudian dengan melihat harga hotel yang terjangkau, jadi memang tentunya sepadan.

Makanan yang disediakan juga cukup sangat menarik, Sarapan pagi sudah termasuk dengan biaya menginapnya. Picture by : LELE HOTEL

One Day Tur Full Day Ho Chi Minh Yang Sangat Seru

Pukul 05.30 lebih tepatnya Kami sudah bangun dan mandi bergantian untuk bersiap siap dan bergegas menuju restoran yang dibuka pada pukul 06.00. Sesudah menyantap sarapan pagi kira-kira hingga pukul 07.15, maka Kami berjalan menuju ke titik temu Tur yang sudah di sepakati. Saya mencari tahu terlebih dahulu di mana tempat berkumpul untuk mengikuti Tur ini sehingga mempermudah Kami.

Saya sempat sempat bertanya kepada agen Tur sekitar daerah sana. Namun mungkin karena tidak memilih Tur dengan Mereka, maka Mereka sedikit cuek dan kurang sopan. Akhirnya Saya pun terpaksa mencari sekitaran daerah sana. Yang mana pada akhirnya memang tidak jauh dari hotel yang dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 3-5 menit saja.

Setelah sampai tempat berkumpul maka Saya langsung memberikan notifikasi bahwa Saya telah memesan untuk mengikuti Tur. Sehingga ketika waktu menunjukan pukul 07.45, maka Kami berjalan menuju ke bus untuk langsung menuju destinasi tujuan Kami.

Mobil yang digunakan untuk one day tour kami

Indahnya Vinh Trang Pagoda Di Ho Chi Minh

Perjalanan akan berlangsung hingga pukul 17.00 sore hari. Pastinya ini akan menjadi perjalanan yang panjang dan seru untuk dilakukan. Perjalanan ke destinasi pertama Vinh Trang Pagoda akan memakan waktu 1 jam.Ketika sudah setengah perjalanan, Tour Guide mengajak Kami untuk mengunjungi tempat penjualan suvenir Vietnam ketika berada di rest area.

Sesampai di Vinh Trang Pagoda ini, Pagoda ini memang terlihat luar biasa dan indah. Karena memang mayoritas orang Vietnam keturunan China sehingga memang banyak vihara atau kelenteng di Vietnam.

Cerita mengenai Pagoda ini ada di ceritakan oleh Tour Guide sebelum sampai tujuan. Namun Saya sendiri lupa karena memang Saya sendiri hanya ingin menikmati perjalanan yang menarik ini. Yang Saya ingat hanya Tour Guide itu menceritakan bahwa ada tiga bentuk Dewa (Tuhan) yaitu Past, Present dan Future.

Patung Dewa yang sedang tidur ini melambangkan Past / Masa Lalu.
Patung Dewa yang sedang duduk ini melambangkan Present / Sekarang.
Dewa yang sedang berdiri ini melambangkan Future / Masa Depan.

Sesudah memutari Vinh Trang Pagoda Kami kembali ke bus dan menuju ke pelabuhan terdekat untuk naik kapal yang sudah disediakan. Dari pelabuhan ini Kami akan menuju ke Tortoise Island untuk makan siang. Perjalanan tidak butuh waktu lama, yakni hanya sekitar 15-30 menit menuju tujuan. Tour Guide Kami juga menjelaskan mengenai pulau di sekitarnya.

Setelah sampai tujuan ternyata Kami langsung menuju ke tempat makan yang di sediakan. Untuk makanan yang di berikan gratis lumayan cukup menarik untuk disantap. Namun makanan yang di sediakan ada babi.

Makan siang gratis yang sudah termasuk tur 1 hari. Namun makanan Non halal, sehingga jika bagi kamu yang muslim mungkin bisa upgrade ke makanan lainnya.

sehingga Non-Muslim bisa melakukan upgrade dengan menambah 300.000 Dong Vietnam. Maka akan mendapatkan hidangan ikan goreng dengan bumbu ala Vietnam.

Ikan goreng khas vietnam dengan bumbu tradisional.

Menuju Ke Bisnis Keluarga Permen Kelapa Di Vietnam

Setelah menyantap makan siang dan beristirahat sebentar di siang hari itu. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal lagi menuju ke bisnis permen kelapa. Dengan naik kapal sekitar 15 – 30 menit lagi maka kita di haruskan berjalan sekitar 500 m – 1 KM lagi. Maka sampailah kita ke tempat bisnis keluarga pembuatan permen kelapa ini.

Sang pemilik yang sedang memotong permen untuk dibungkuskan nantinya. Permen ini juga memiliki banyak rasa, sehingga kamu bisa membelinya untuk di jadikan oleh – oleh.

Pembuatan permen kelapa ini merupakan bisnis keluarga yang sudah lama. Tour Guide Kami pun menjelaskan secara rinci bagaimana cara membuat permen kelapa ini dengan singkat dan jelas. Di sana Kami pun dapat melihat secara langsung bagaimana pembuatan permen ini di lakukan.

Kamu pun dapat langsung membeli jajanan permen disana untuk di jadikan oleh – oleh ataupun di coba. Mereka memiliki permen dengan banyak rasa, sehingga Kamu bisa mencoba semuanya dengan rasa yang berbeda – beda.

Kemudian disana juga Saya menyempatkan diri untuk berfoto dengan sejenis ular besar. Tentu saja ini merupakan pengalaman menegangkan untuk dialami.

Jujur, saya sedikit takut sih tapi ya YOLO aja, jadi sayapun beraniin aja deh 🙂

Mendengarkan Alunan Musik Vietnam Dan Menikmati Buah Segar Serta Teh Madu Khas Vietnam

Setelah selesai melihat bisnis keluarga pembuatan permen kelapa maka perjalanan berlanjut dengan menaiki sampan. Sampan ini merupakan kapal khas di Vietnam yang HARUS di coba ketika Kamu berkunjung ke Vietnam. Tentunya perjalanan ini sangat unik karena Kamu menaiki sampan dengan menggunakan topi yang memang merupakan khas orang Vietnam.

Mengarungi Sungai Mekong tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Saya dan kedua orang tua dengan menggunakan Sampan. Kami menyempatkan untuk meminta pemandu acara untuk mengambil foto sebagai kenangan perjalanan Kami.

Family is Everything.

Naik Sampan ini hanya memerlukan 10 – 15 menit untuk mencapai destinasi. Kami hanya perlu berjalan beberapa menit untuk sampai ke tempat tujuan Kami untuk mendengarkan musik ala Vietnam tersebut. Saya juga sempat mengabadikan foto dengan sarang lebah yang ada di sana. Rasanya agak cemas karena takut disengat.

Tetap tersenyum meskipun tangan gemetaran 🙂

Kami pun duduk dan diberi hidangan buah segar serta teh madu yang hangat untuk melepas dahaga setelah perjalanan yang panjang ini. Tentunya setelah duduk dan mendengarkan musik Vietnam pun maka Kami berjalan menuju ke bus yang sudah menunggu. Ini menjadi akhir perjalanan Kami pada Tur tersebut.

Segarnya buah ditambah hangatnya madu pada akhir perjalanan.

Akhir Perjalanan Tur Vietnam

Perjalanan Tur dari tempat terakhir menuju tempat penurunan juga tidaklah lama.  Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 40 menit saja. Untuk Tur ini maka Saya bisa mengatakan bahwa Saya akan memberikan bintang 4 dari 5. Perjalanannya sangat seru, murah dan sangat menarik. Apakah Saya merekomendasikan Tur ini maka jawabannya TENTU SAJA.

Setelah sampai sekitar pukul 17.00 Kami pun bergegas untuk pulang ke hotel beristirahat dan mandi serta mencari makan malam nantinya. Tentunya Kami hanya mencari makan sekitar hotel untuk di santap karena kelelahan sepanjang hari mengikuti Tur. Ternyata di dekat hotel pun ada tempat makan yang menyuguhkan dan terlihat sangat menarik.

Vietnam cocok untuk disambangi bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam asli, makanan nikmat serta murah.

Setelah menyelesaikan santap malam Kami maka Kami hanya berkeliling sekitar hotel dan langsung beristirahat lagi. Setelah perjalanan penuh seharian yang panas melelahkan namun menyenangkan. Kami kembali lagi ke kamar hotel untuk beristirat sekitar pukul 8.30 malam setempat. Cerita akan berlanjut traveling dari Ho Chi Minh ke Phnom Penh Part 3 ke Part 4.