Nusa Penida Bali Yang Gak Akan Mungkin Di Lupakan Part 2

Serunya menyusuri Nusa Penida Bali yang gak akan Gua lupakan. Balik lagi lanjutan dari artikel Gua sebelumnya. Pada artikel kali ini Gua mau ceritain hari ke-2 saat Gua stay di Nusa Penida yang gak akan Gua lupain. Hari pertama di Nusa Penida bisa dibilang di luar ekspektasi Gua, serunya liburan ini mungkin menjadi perjalanan terbaik Gua.

gua dan adik gua (benny)

Yang belum baca hari pertama di Nusa Penida, bisa dicek pada link berikut:

Hari Pertama Di Nusa Penida Yang Di Luar Ekspektasi!!!

Pada hari ke-2 Gua di Nusa Penida Bali ini sudah Gua rencanain akan kemana aja. Kami bergegas dari penginapan langsung menuju SEGANING WATERFALL. Dari penginapan ke tempat tujuan memakan waktu 30 – 50 menit. Jangan lupa pakai SUNSCREEN pastinya karena sinar matahari yang terik di Nusa Penida.

Seramnya Seganing Waterfall Yang Masih Alami

Sesudah sampai tujuan ternyata masih belum ada orang yang mendatangi tempat ini sepagi ini. Sehingga ketika Kami lihat lagi, ternyata tempat ini harus dituruni untuk bisa melihat air terjunnya. Dengan di bawahnya langsung terbentang laut yang luas dan sangat berbahaya jika terjadi kesalahan ketika mendaki atau menuruninya.

Tentunya Gua pun langsung mengajak adik dan teman Gua sendiri untuk menyusuri ke air terjun yang terletak di bawah sana. Meskipun teman Gua yang sudah mengetahui bahwa akan letih dan sedikit takut untuk menuruninya, selalu menolak ajakan Gua. Akhirnya mengikuti ajakan Gua untuk turun ke bawah namun perjalanan Kami terhenti.

Baca juga artikel lainnya :

Setelah sampai setengah perjalanan, melihat jalan yang semakin curam dan lebih berbahaya dari Bukit Kelingking membuat Kami terhenti. Perjalanan menuju ke bawah yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan batang pohon dan akar pohon sebagai pijakan. Sehingga Kami membatalkan perjalanan Kami ke bawah dan kembali ke atas.

Terjalnya perjalanan ke Seganing Waterfall!!!

Meskipun pemandangan yang disuguhkan sangatlah menarik, namun perjalanannya lebih berbahaya dari Bukit Kelingking. Karena memang ranting kayu pada pertengahan jalan dijadikan sebagai pijakan dengan di bawahnya langsung laut. Hal inilah yang menjadikan Gua membatalkan niat untuk menuju ke bawah karena sangat beresiko.

Mungkin quotes yang cocok untuk ini adalah Difficult Roads Lead to Beautiful Destinations. But for Seganing Waterfall terlalu serem. Takut juga terjadi apa – apa dengan adik Gua. Tentunya gak mau rencana liburan yang harusnya menyenangkan malah jadi bencana seperti artikel sebelumnya yang Gua ceritakan.

Tempat Tujuan Berikutnya Adalah Hutan Dan Pantai Tembeling Nusa Penida Bali

Dari Seganing Waterfall ini menuju daerah warga Tembeling memang lumayan cukup jauh. Untuk mencapai tujuan membutuhkan waktu sekitar 40 – 60 menit.

Belum lagi dari tempat daerah warga tersebut menuju ke Air Terjun Tembeling cukup jauh dengan Membutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit. Berhati – hati menggunakan motor dan pastikan mengendarai lebih berhati – hati karena langsung jurang di sebelahnya serta curamnya perjalanan.

Baca juga artikel kami lainnya :

Karena memang langsung jurang di sebelahnya sehingga memang sangat berbahaya dan pastikan memiliki pengalaman mengendarai motor. Gua akan sarankan menggunakan ojek hanya Rp 50.000 untuk diantar pulang pergi dari daerah warga lokal sampai ke tembeling.

Welcome to Tembeling!!!
Perjalanannya untuk kebawah mudah kok, Gak perlu khawatir!!!
Adik gua (Benny) aja bisa senyum!!!
😀

Sesampainya di tempat parkiran motor yang disediakan, maka Kami langsung menuju ke tempat tujuan. Hanya berjalan sekitar 5 menit maka Kalian sudah akan melihat kolam langsung buatan dari alam. Pastikan berhati – hati ketika berenang karena kedalamannya mencapai 4 meter meskipun terlihat dangkal. Hal ini karena saking jernihnya air di sana.

elu gak mau melewati kesempatan berenang di kolam buatan alam ini bukan?
Di samping aja karena di tengah kedalamannya mencapai 4 Meter

Gak jauh dari sana maka Kalian juga akan menemukan spring water langsung dari pegunungan. Tentunya Kalian bisa berenang disini dan pastikan untuk mengabadikan momen Kalian di Tembeling ini. Pastinya Tembeling ini akan sangat Gua rekomendasikan untuk Kalian yang ingin menikmati alam dan bersantai.

Senyumnya lebar banget bukan? ENJOY EVERY MOMENTS!!! 😀

Tepat di belakang spring water ini juga langsung terbentang laut yang luas. Kalian bisa bermain air laut tapi sangat disarankan untuk tidak, karena ombaknya yang sangat deras. Kami hanya menikmati waktu di spring water dan kolam alami buatan alam tersebut.

Kolam mata air tembeling yang langsung mengarah ke laut
SMILE!!! 😆
She should traveling with me but she cant 🙁
💔

Disana juga tersedia toilet yang bisa digunakan tanpa dipungut biaya. Namun Kamu bisa memasukan tips atau uang untuk pembersihan kepada penjaganya. Satu hal yang Gua suka dari Nusa Penida itu sendiri memang harganya yang masih terjangkau dan terbilang sangat murah. Warga lokal yang juga sangat menghargai dan sangat welcome kepada turis pelancong.

Saren Cliff Point Sebagai Tujuan Selanjutnya

Gua akan sangat menyarankan untuk menuju spot satu ini karena gak jauh dari Tembeling itu sendiri. Meskipun perjalanan menuju kesini memang sangat buruk dan diharuskan berhati – hati. Perjalanan menuju ke spot satu ini membutuhkan waktu sekitar 20 – 30 menit dari Tembeling.

Perjalanan menuju ke Saren Cliff Point
Gua sangat rekomendasi untuk datangi tempat ini!!!

View yang disuguhkan dari puncak satu ini bisa dibilang sangat luar biasa. Kalian bisa langsung lihat ombak yang terlihat sangat pelan menerjang bebatuan. Dengan sebelahnya yang langsung lautan terbentang luas membuat pengalaman Kamu gak akan bisa dilupain di Nusa Penida ini.

Angel’s Billabong Dan Broken Beach Menjadi Spot Terakhir Hari kedua Di Nusa Penida Bali

Untuk Saren Cliff Point sendiri menuju ke Daerah Billabong dan Broken Beach ini membutuhkan waktu 60 – 80 menit. Namun daerah ini memang sangat ramai pengunjung. Meskipun begitu Gua anggap tepat ini cukup bagus untuk dikunjungi.

Meskipun jalannya yang rusak, Kalian akan di suguhkan pemandangan yang indah

Gua pun sendiri memang berencana untuk mencoba berenang di Angel’s Billabong secara langsung. Namun ternyata, sesampai di tujuan ternyata sudah gak diperbolehkan lagi karena melihat air laut yang sedang pasang. Sehingga sangat membahayakan bagi turis yang ingin mencoba berenang.

Angel Billabong

Melihat kejadian sebelumnya yang disebutkan warga sekitar bahwa ada orang yang meninggal. Hal ini dikarenakan air laut yang secara tiba – tiba dari surut menjadi pasang. Membuat turis yang berenang di Angel’s Billabong tidak menyadari hal tersebut. Sehingga pada akhirnya turis tersebut juga tergulung ombak langsung kelaut dan disebutkan bahwa mayatnya terdampar dipantai lain setelah beberapa hari kemudian.

Sudah mulai sore hari, pengunjung mulai berkurang

Sehingga pada kunjungan Gua kali ini, Gua hanya menikmati pemandangan yang disuguhkan. Kedua spot ini memang sangat ramai pengunjungnya karena banyak turis yang melakukan tur 1 hari di Nusa Penida pada kedua spot ini.

Keindahan Broken Beach Yang Merupakan Fenomena Alam

Untuk ke Broken Beach maka Kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja berjalan dari Angel’s Billabong. Broken beach sendiri ini adalah tebing tinggi yang berlubang karena air laut itu sendiri. Sehingga berbentuk seperti goa yang di aliri air laut di tengah lubang itu sehingga terlihat seperti kolam raksasa. Broken Beach ini sendiri tercipta karena fenomena alam yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya.

Broken beach yang memang sangat unik!!!

Pada spot ini memang tidak akan terlihat sunset. Namun karena saat itu menjelang sore hari, Kami menemukan spot terbaik untuk melihat sunset di sekitar area parkiran.

Ketika didaerah parkiran maka Kami melihat area rumput kering yang menutupi samping laut yang bisa diduduki. Spot ini langsung disamping laut yang mengarah ke barat sehingga Kalian bisa melihat sunset yang menawan.

Sunset Terbaik Yang Pernah Saya Lihat!!!

Kami pun langsung menunggu hingga matahari terbenam pada spot tersebut. Untuk sunset yang diberikan juga bisa dikatakan memberikan sunset terbaik dengan langsung terbentang laut yang luas. Untuk melihat sunset ini memang sangat jarang di ketahui lokasinya, karena pada saat itu hanya Kami yang berada disana.

Gua sangat saranin kalian untuk nonton sunset disini ama pasangan kalian ya, Jangan SENDIRI!!!

I’m gonna say it’s worth it to see sunset from this place. Sesudah menyaksikan sunset maka Kami langsung bergegas kembali menuju ke penginapan. Untuk menuju penginapan Kami juga membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di tujuan.

Best sunset i ever seen!!!

Pastikan kendaraan yang digunakan mempunyai lampu kendaraan yang hidup jika tidak ingin mengalami masalah. Karena pada malam hari memang sangat jarang akan ada lampu jalan. Meskipun ada, itu hanya ada di beberapa tempat atau daerah yang berdekatan dengan rumah warga.

Baca juga artikel kami lainnya :

Kami pun mencari tempat makan ketika sekalian berjalan menuju penginapan. Untuk makanan gak perlu khawatir, seperti yang Gua bahas sebelumnya bahwa makanan di Nusa Penida Bali beragam dengan harga sangat terjangkau. Makanannya juga sangat mudah di temui jika berada di daerah rumah warga sekitar. Sampai di penginapan, Kami pun langsung bergegas beristirahat untuk mengisi tenaga kembali untuk keesokan harinya.

Untuk hari ketiga menyusuri Nusa Penida Bali maka akan gua lanjutkan pada artikel selanjutnya, stay tuned guys.