Perjalanan Ke Nusa Penida Yang Gak Sesuai Ekspektasi!!!

Perjalanan ke Nusa Penida ini sudah masuk rencana Gua 6 bulan sebelum keberangkatan. Gua masih sempat bingung nentuin rencana perjalanan Gua bakalan kemana aja. Namun option Bali dan Nusa Penida ini memang gak boleh dilewatin. Meskipun option lainnya yang cukup menarik juga yaitu keliling Thailand jalur darat hingga ke Phnom Penh.

Akhirnya Gua netapin untuk mengunjungi ke Nusa Penida yang sedang naik daun dan ramai di kunjungi ini. Perjalanan Gua udah di rencanain dengan menetap 4 hari 3 malam di Nusa Penida untuk bisa mengunjungi seluruh tempat. Tentunya Gua pengen ngerasain liburan yang memang bener liburan dan bukan hanya liburan dan EKSIS di media sosial aja.

Pastikan untuk membaca artikel kami lainnya yang tidak kalah menarik :

Banyaknya alasan yang membuat Gua semakin yakin bahwa Gua harus ke Bali dan melakukan perjalanan ke Nusa Penida. Akhirnya Gua tetapkan jadwal yaitu tanggal 28 hingga 31 September kembali ke Bali. Seperti orang lainnya, Gua cari info mengenai Nusa Penida dan wisata apa aja yang menarik disana.

Rencana liburan kali ini Gua bakalan pergi ama adik cowok kesayangan Gua yaitu Benny. Seharusnya ini menjadi duo brother traveling namun temen deket Gua tiba-tiba mau ikutan pergi yaitu Jerry. Jadi di trip kali ini ada 3 orang yang bakalan pergi.

Yang ambil foto (gua), di kanan (adik gua), Di kiri (temen gua Jerry)

Apakah Gua berekspektasi tinggi dengan pulau yang masuk nominasi 5 besar di Tripadvisor ini? Mungkin jawabannya gak terlalu, karena banyak tempat wisata yang biasa aja namun karena edit foto level tinggi maka semuanya berubah. Oleh karena itu, Gua gak memasang ekspektasi yang tinggi namun karena Gua menyukai sesuatu yang baru. Mungkin alasan itulah yang menjadikan Gua ingin mengunjungi pulau yang satu ini.

Perjalanan Ke Nusa Penida Pada Hari Pertama

Perjalanan ini Gua mulai pada tanggal 28 Agustus. Karena Gua stay di daerah Nusa Dua, ya Gua harus menuju pelabuhan untuk bisa naik boat untuk sampai di Nusa Penida. Tiket boat bisa kalian beli online dan beli di tempat, namun pada saat itu Gua beli di tempat dengan harga Rp 100.000. Mungkin jika beli online maka harga berkisar Rp 80.000 – Rp 100.000.

Nota pembelian tiket boat ke Nusa Penida

Untuk pelabuhannya, Kami berangkat dari pelabuhan Sanur ke Dermaga Banjar Nyuh yang ada di Nusa Penida. Untuk keberangkatan boat tersedia berbagai jam, namun Gua memilih berangkat pagi sehingga sampai di Nusa Penida langsung bisa bersantai. Keberangkatan seharusnya pada pukul 08.00 WITA namun tanpa sebab boat Kami baru pergi pada pukul 08.30 WITA.

Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 35 – 50 menit saja. Sesampai di dermaga, Kami langsung menyewa motor yang disediakan. Untuk menyewa motor juga sangatlah mudah karena hanya perlu membayar uang dan tidak membutuhkan jaminan lainnya.

Tidak di pungkiri bahwa banyak juga tourist dari luar yang datang ke Nusa Penida

Untuk Nusa Penida sendiri tidak akan ada yang menilang atau kehilangan motor, kata penyewa motor kami. Sehingga kalian tidak perlu takut jika tidak membawa SIM. Namun Gua sarankan MEMILIKI SIM DAN PENGALAMAN untuk setidaknya mengendarai motor di Nusa Penida. Mengapa harus berpengalaman? Akan Gua bahas nanti.

Ketika sudah selesai menyewa motor dan mengendarai motor sekitar 100 Meter. Maka aka nada pos penjaga yang meminta uang bagi para tourist. Gua sempat diminta uang karena dikira orang china dengan mereka tidak menyebutkan apapun dan hanya menunjukan tulisan mandarin. Namun saya langsung bilang bahwa gua orang Indonesia, so mereka membiarkan gua pergi.

Sebrang Hill Bungalow Nusa Penida

Untuk penginapan di Nusa Penida sangat banyak yang berupa bungalow dan Gua pesen di SEBRANG HILL BUNGALOW. Dari dermaga sampai ke tujuan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 – 30 menit saja. Apakah Gua rekomendasiin tempat ini untuk ditempati? Gua bakalan jawab sangat di rekomendasikan. Tempatnya murah, dapat sarapan pagi, pemiliknya juga sangat membantu, serta tempatnya juga sangat nyaman dan menarik.

Pantai Kelingking Menjadi Tujuan Utama Pada Hari Pertama Di Nusa Penida

Banyaknya orang melakukan perjalanan ke Nusa Penida mungkin karena ingin mengunjungi Pantai Kelingking. So sesampai di penginapan, Kami semua langsung bersiap – siap untuk langsung menuju ke Pantai Kelingking. Pastikan juga menggunakan SUNSCREEN karena memang cuacanya sangat terik.

Perjalanan dari penginapan ke Kelingking memakan waktu sekitar 40 menit hingga 55 menit. Lumayan cukup jauh, sedangkan jika berpergian menggunakan mobil maka akan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Sehingga Gua akan menyarankan menggunakan sepeda motor ketika berkunjung ke Nusa Penida.

Indahnya Nusa Penida yang harus menjadi destinasi di list kalian!!!

Sesampainya di Pantai Kelingking viewpoint ini memang akan disuguhkan dengan pemandangan yang SANGAT LUAR BIASA. Untuk bisa ke Pantai Kelingking maka kalian harus turun ke bawah dengan melewati jalan yang curam. Gua sempet takut karena takut terjadi apa – apa. Tentunya kita tidak ingin rencana liburan kita menjadi bencana, bukan?

Sehingga Gua bakalan kasih saran, pastikan beranikan diri kalau mau turun karena perjalanannya juga cukup memakan waktu. Untuk turun ke bawah membutuhkan perkiraan waktu 20 – 30 menit dari atas hingga ke bawah.

Tentunya turun ke bawah dengan hanya memegang kayu sebagai pegangan serta ranting-ranting ini akan menjadi tantangan tersendiri. Apakah perjalanannya menarik? Maka jawabannya sangat menarik, namun juga sangat BERBAHAYA!!!

Curamnya Perjalanan Ke Kelingking Beach!!!

Gua sangat menyarankan untuk membawa minum sendiri jika ingin ke Pantai Kelingking. Karena harga minuman terlalu mahal untuk di pantainya nanti. Untuk botol minuman air putih ukuran besar berharga Rp 50.000, sehingga Gua bakalan nyaranin bawa minum sendiri.

Sesampai di bawah juga pastikan bahwa tidak bermain ombak terlalu di tengah karena memang ombak terlalu besar. Sehingga sangat disarankan untuk tidak lupa diri ketika bermain air karena memang air sangat deras. Untuk keselamatan disini juga sangat minim, karena melihat tidak ada nya petugas penjaga pantai.

Perjalanan Menuju Ke Kelingking Beach

Hampir Ada Orang Meninggal Di Pantai Kelingking!!!

Melihat dari pengalaman pribadi, adalah benar kita tidak bisa melawan alam dan kita harus ikut peraturan yang ada. Karena jika tidak, kita harus menerima konsekuensinya sendiri sebagai resikonya. Hal ini terjadi di daerah Pantai Kelingking ketika gua disana. Tentunya bermain air atau ombak bisa mengakibatkan lupa diri serta membuat kita terlena.

Derasnya Ombak di Kelingking Beach

Hal ini harus di perhatikan oleh kita semua bahwa jika ada peraturan yang memang tidak memperbolehkan untuk berenang. Maka jangan berenang atau melawannya atau tidak maka kita harus siap dengan konsekuensinya.

Kenapa Gua tulis hampir ada orang meninggal? Karena ada orang yang tertarik ombak dan sempat Kami tolong untuk di selamatkan. Meskipun pada akhirnya selamat Kami tolong dan dibawa ke tepi pantai.  Namun karena terlalu banyak air yang masuk ke dalam tubuhnya serta karena menerima tekanan ombak membuat badan korban menjadi membiru. Mungkin kalian akan bertanya bagaimana akhirnya Apakah korban tersebut selamat atau tidak.

Karena ditolong oleh orang – orang di sekitar pantai tersebut. Gua pun tidak mengetahui hasil akhirnya karena Kami sudah harus lekas naik. Kami mempunyai tujuan untuk melihat sunset di Crystal Bay yang dimana membutuhkan waktu untuk pergi ke tujuan. Sehingga Kami harus lekas naik karena waktu sudah mulai beranjak ke sore hari.

Benny dan Jerry yang sedikit kesulitan untuk naik ke atas

Sehingga Kami pun tidak mengetahui kabar dari korban tersebut bagaimana akhirnya. Bukan hanya itu, ternyata dari kabar yang Gua dengar bahwa kejadian bermain ombak sudah memakan korban sebanyak 2x. Hal ini Gua dengar sendiri dari bapak penjual minuman di Pantai Kelingking.

Oleh karena itu Gua pun akan sangat menyarankan untuk berhati – hati ketika bermain air ombak di Pantai Kelingking.

Terjalnya perjalanan ke Kelingking Beach

Menuju Ke Crystal Bay Dari Pantai Kelingking

Mungkin Gua bakalan cocok di sebut sebagai pecinta sunset. Yup, karena Gua sendiri sangat suka melihat sunset. Untuk perjalanan dari Pantai Kelingking ke Crystal Bay ini sendiri memang tidaklah terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu kisaran 25 – 40 menit saja.

Jika ditanya apakah worth it untuk menonton sunset di Crystal Bay maka jawabannya mungkin tidaklah terlalu cantik seperti orang katakan. I’m not gonna lie, mungkin karena lagi ada awan atau sesuatu lainnya namun sunset di Crystal Bay bisa dikatakan biasa saja.

Kenapa Gua bisa bilang begitu? Yup, karena disini banyak kapal kecil serta ada batu yang mungkin akan menutupi pemandangan sunsetnya. Sehingga Gua akan bilang biasa aja meskipun sunsetnya yang sangat Gua tunggu. Tapi mungkin karena Gua minum bir dan melihat sunset ini maka pemandangan sunsetnya jadi lebih sedikit menarik. Hahahah…

Sunset Di Crystal Bay, Taken By Lumix G-85

Setelah selesai menonton sunset maka Kami langsung menuju pulang ke penginapan Kami. Oiya, untuk maps maka Kami sarankan menggunakan maps offline yang tersedia seperti MAPS.ME. Karena untuk jaringan provider sendiri memang masih belum stabil di Nusa Penida. Sehingga pastikan mendownload terlebih dahulu peta Nusa Penida sehingga memudahkan Kalian nantinya ke depannya.

Untuk makanan di Nusa Penida bisa dibilang sangat murah dan terjangkau. Sehingga Kalian tidak perlu khawatir untuk masalah makanan. Untuk rasa maka Gua bisa bilang lumayan untuk harga yang sangat terjangkau tersebut. Mungkin karena masih daerah yang bisa dibilang kampung atau yang lagi akan berkembang. Sehingga untuk Nusa Penida masih sangat terjangkau dan sangat berbeda dengan daerah lainnya di Bali.

Sesampainya di Penginapan, maka Kami langsung beristirahat. Untuk Hari Kedua dan Hari Ketiga akan Gua lanjutin di artikel lainnya. Maka stay tuned untuk Perjalanan ke Nusa Penida yang gak sesuai sama ekspektasi Gua ini.