pintu masuk menuju bayon temple siem reap kamboja

Part 2 : Perjalanan Menjelajahi Kompleks Angkor Wat: Situs Warisan Dunia

Perjalanan menjelajahi Kompleks Angkor Wat ini Kami diharuskan untuk siap lebih awal. sekitar pukul 04.00 pagi harus pergi untuk bisa melihat sunrise di Angkor Wat. Namun karena sepinya turis yang diakibatkan pandemi Corona, Lany menginformasikan bahwa 04.30 pagi juga bisa berangkat. Tentu saja di sepanjang perjalanan menuju ke Angkor Wat masih sangat gelap dan dingin karena masih subuh.

Artikel sebelumnya bisa dibaca di bawah ini :
Petualangan Seru Mengunjungi Siem Reap 4 Hari 3 Malam

Melihat sunrise di Angkor Wat ini memang menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Siem Reap. Beruntungnya Kami menemukan Lany sehingga hari-hari Kami di Siem Reap bisa sangat terorganisir.

Menanti Sunrise

Untuk Perjalanan menjelajahi Kompleks Angkor Wat dan sekitarnya maka kami sarankan untuk menghubungi Lany. Sehingga perjalanan kalian lebih mudah, praktis dan pastinya berkesan. Kalian bisa menghubungi Lany di kontak berikut ini :

Hari Ke-7 Di Siem Reap (Mengunjungi Angkor Wat)

Untuk perjalanan hari ke-7 ini Kami akan melakukan Angkor Wat Small Tour,daftar destinasi Kami adalah sebagai berikut:

• Angkor Wat (Sunrise)
  • Bayon Temple (The Face Temple)
  • Takeo Temple (The Black Virgin Temple)
  • Ta Prohm Temple (Tomb Raider Temple)
  • Phnom Bak Kheng Temple (The Sunset Temple)

Angkor Wat (Majestic Sunrise)

Ketika semburat mentari mulai muncul maka pemandangan terlihat sangat menarik dan indah dari luar Angkor Wat. Bahkan megahnya pantulan bayangan Kuil Angkor Wat pun terbentuk sempurna di Danau Tonle Sap (Great Lake). Lany tidak pergi menemani Kami melihat sunrise karena harus menjaga bajajnya di parkiran. Sehingga Kami pergi sendiri dengan sedikit petunjuk dari Lany untuk berjalan memasuki Kuil Angkor Wat.

PENTING: Pastikan selalu membawa TIKET MASUK FISIK Angkor Wat karena akan SELALU di cek sebelum masuk ke semua kuil.

Ketika Kami berjalan menuju ke Angkor Wat, memang tampak sepi tidak terlihat banyak pengunjung. Hanya ada beberapa orang turis luar negeri yang menunggu sunrise ini. Karena memang sedang musim hujan sehingga sunrise-nya hanya terlihat sedikit dan kemudian langsung tertutup awan. Namun tetap saja terasa ajaib bisa langsung melihat sunrise tepat dengan latar belakangnya Kuil Angkor Wat.

Sunrise di Angkor Wat

Karena itu Kami sangat menyarankan untuk mendatangi Angkor Wat Ketika musim panas agar Kamu bisa melihat sunrise yang sukses. Setelah Kami menyaksikan sunrise, lalu Kami pun langsung menuju masuk ke Angkor Wat. Kuil Angkor Wat ini memang sangat besar untuk dikelilingi karena memang menjadi kompleks kuil terbesar yang ada di dunia.

angkor wat pagi hari diselimuti kabut
Bagian Depan Kuil Angkor Wat

Baca juga artikel kami lainnya yang tidak kalah menarik :

Sebenarnya tangga asli untuk menuju puncak masing-masing kuil sangatlah curam dan terjal. Filosofinya adalah di puncak merupakan tempat suci berdiamnya para Dewa-Dewi. Sehingga tentu saja sulit bagi manusia biasa untuk bisa menuju ke tempat Dewa-Dewi tanpa perjuangan yang berat dan keras. Maka dari itu untuk memudahkan pengunjung sejak dibuka untuk umum, dibuatlah tangga bantuan di atas tangga asli menuju puncak kuil.

kuil megah angkor wat siem reap kamboja
Lokasi: Dalam Atas Angkot Wat

Tangga bantuan lain ini menggunakan kayu yang dilengkapi pegangan tangan di sepanjang kanan-kiri menuju ke atas. Meskipun sudah dipermudah dengan tangga bantuan, pada nyatanya masih cukup terjal dan menakutkan bagi Kamu yang phobia akan ketinggian. Namun jika memang kuat, Kami sarankan naik ke atas karena di dalamnya juga menawarkan pemandangan menyihir yang berbeda. Di atas Kamu akan bisa merasa takjub dan merasa seperti terlempar ke dimensi lampau.

puncak angkor wat siem reap kamboja
Lokasi: Puncak Angkor Wat

Bayon Temple

Kuil selanjutnya yang Kami kunjungi adalah Bayon Temple atau lebih dikenal sebagai The Face Temple. Kuil yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi turis karena memang menjadi salah satu ikon di Kota Siem Reap Dimana ciri khas Bayon Temple adalah terdapat banyak pahatan wajah raksasa di kuilnya. Oleh karena itulah kuil ini disebut sebagai Kuil Wajah karena terdapat sebanyak 216 pahatan wajah yang terukir di Kuil ini.

pintu masuk menuju bayon temple siem reap kamboja
Gerbang Menuju Bayon Temple
penampakan bayon temple dari luar
Bayon Temple

Kuil ini menjadi salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi setelah Kuil Angkor Wat. Karena memang Kuil Wajah ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh kuil lainnya. Karena di Bayon Temple bagian atas kuil dipahat bentuk wajah raksasa.

masuk ke kuil bayon siem reap kamboja
Pahatan Wajah Di Bayon Temple

Kemudian di depan Bayon Temple ada banyak monyet berkeliaran. Jadi silahkan jaga barang bawaan Kamu agar tidak dicuri monyet-monyet itu. Yang paling penting dan juga merupakan larangan adalah untuk tidak memegang monyet-monyet tersebut apalagi sampai memberi makan.

bayon temple yang menarik dan menjadi ikon siem reap kamboja
Pelataran Dalam Bayon Temple

Ta Keo Temple

Perjalanan Kami selanjutnya menuju Ta Keo Temple yang pertama kali menjadi kuil dibangun menggunakan batu pasir. Kuil ini memiliki ciri khas terdapat 5 bangunan di atasnya yang membedakannya dengan kuil lainnya. Disebutkan kuil ini sudah dibangun ratusan tahun lebih dulu sebelum dibangunnya Angkor Wat.

Ta Keo Temple menjadi list kami hari ini di siem reap kamboja
Pelataran Luar Ta Keo Temple

Kuil ini juga terlihat seperti tidak selesai dibangun sepenuhnya dan tidak diketahui alasannya mengapa demikian. Pembangunannya saja yang tiba-tiba dihentikan. Kuil ini bisa dikatakan termasuk polos karena memang tidak memiliki banyak ukiran di eksterior kuilnya. Namun memang ada juga gaya arsitektur yang demikian, yang polos tidak banyak ukiran dikenal dengan nama Khleang Style. Khleang sendiri pun artinya adalah sederhana.

Tangga untuk menuju ke paling atas Ta Keo Temple lumayan jauh dan terjal. Jadi memang selain tangganya lumayan jauh ke puncak, ukuran satu tangga ke tangga lainnya juga lumayan tinggi. Sehingga Kamu perlu ekstra hati-hati untuk naik dan bahkan untuk turun kembali. Karena memang kalau kurang berhati-hati bisa sangat fatal akibatnya.

Ta Phrom Temple

Ta Phrom Temple termasuk salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi oleh turis. Mungkin bagi Kamu yang sudah menonton film Lara Croft: Tomb Raider bakalan tidak asing dengan kuil ini. Dikarenakan memang Ta Phrom Temple merupakan lokasi dimana Lara Croft yang diperankan oleh Angelina Jolie bergelantungan melawan penjahat.

kuil Ta Prohm yang dikenal sebagai kuil tomb raider
Tomb Raider Tree

Meskipun juga disebut Jungle Temple namun Ta Phrom Temple tidak seperti Beang Mealea. Di Ta Phrom Temple lebih unik lagi dikarenakan akar pohon seperti tumbuh membelah tembok-tembok kuil. Di kuil ini Kita akan bisa melihat akar pohon raksasa.

kuil tomb raider siem reap yang menarik dan seru untuk dikunjungi

Kita akan melihat banyak tembok kuil yang bahkan berada di bawah akar pohon-pohon tinggi. Pohon – pohon tersebut diperkirakan sudah berumur 500 tahun lebih serta tumbuh menjulang tinggi.

Baca juga artikel kami lainnya yang tidak kalah menarik :

Untuk Ta Phrom Temple ini juga dikenal dengan nama Kuil Dinosaurus, karena terdapat ukiran yang mirip dinosaurus disana. Kuil yang satu ini seperti tumbuh bersama dengan pohon-pohon, lalu kuil ini juga terdapat di salah satu adegan film Tomb Raider. Sehingga wajar jika bisa menarik minat banyak orang lain untuk datang dan melihat langsung tentunya.

penampakan dari kamar hotel chheng residence siem reap cambodia
Balkon Chheng Residence

Setelah selesai menyusuri Ta Phrom Temple ini Kami check out dari Chheng Residence, kemudian Kami pergi check in ke eOcambo Residence. Di sore hari nya ini Lany sudah menjadwalkan untuk menyaksikan sunset di Bak Kheng Temple.

Rating Chheng Residence: 9/10.

Hotel ini bisa jadi merupakan hotel terbaik yang pernah Kami tempati. Karena memang meskipun bukan hotel besar, pelayanannya sangat memuaskan. Kami merasa hotel ini sangat berkualitas jika dibandingkan dengan harganya. Jika lain kali mengunjungi Siem Reap, Kami tentu akan datang kembali menginap disini dan sangat merekomendasikannya ke Kalian.

Jungle Burger: Burger Terbaik Di Kamboja

burger terbaik di siem reap kamboja
Mac ‘n Cheese

Jungle Burger Kami temukan dari restaurant near me via Google dan menjadi tempat burger terbaik yang Kami makan di Kamboja! Rating dan ulasan yang tinggi mengenai Jungle Burger serta karena letaknya yang dekat membuat Kami sangat bersemangat untuk mencoba kesana.

Semua makanan disini memiliki porsi yang tergolong sangat banyak untuk orang Indonesia. Untuk harga makanan pembuka (appetizer) dan snack dimulai dari harga $1. Sedangkan untuk main dish dimulai dari harga $6.99.

Untuk semua main dish merupakan paket yang dilengkapi salad, minuman (Lime Juice / Mineral Water) dan kentang (French Fries / Wedges). Disini juga terdapat banyak pilihan anggur, bir, cocktail dan margarita yang cocok dipesan ketika nongkrong di malam hari.

Rating Jungle Burger: 10/10.

Kami sangat merekomendasikan Jungle Burger untuk Kamu coba jika berkunjung ke Siem Reap. Dikarenakan memang ada banyak pilihan makanan yang bisa Kamu coba. Mereka menyediakan Western Food mulai dari pizza, burger, tacos, sandwich, hotdog, pies, mac ‘n cheese, cordon bleu.  Lalu juga ada Khmer Food seperti Lok Lak, kari ikan , kari merah, kari hijau dan nasi goreng klasik Khmer.

Di Jungle Burger menggunakan daging ayam, sapi, ikan, kambing serta babi. Makanannya segar dan enak, porsinya sangat mengenyangkan, pelayanan staf yang ramah, serta tempatnya nyaman. Jika porsinya dibandingkan dengan harganya, maka Kami berkesimpulan menu di Jungle Burger ini sangat terjangkau. Kami bahkan sampai datang 2 kali ke Jungle Burger karena memang sangat puas.

Bak Kheng Temple

Lany memberikan pilihan ingin menyaksikan sunset dari Angkor Wat atau Bak Kheng Temple. Namun dikarenakan Kami sudah menyaksikan sunrise dari Angkor Wat, maka Lany menyarankan melihat sunset dari atas Puncak Bak Kheng. Jadi memang Kalian harus berjalan sekitar 1.5 km untuk sampai ke Bak Kheng Temple ini.

penampakan bak kheng temple dari bawah
Pelataran Bak Kheng Temple

Kuil yang satu ini juga dikenal sebagai Kuil Gunung (Temple Mountain). Bak Kheng Temple juga merupakan salah satu kuil yang dibangun sebelum Angkor Wat. Bahkan di area kuil ini juga terdapat jejak raksasa yang dianggap sebagai jejak kaki Budha.

jejak telapak kaki buddha di siem reap
Jejak Kaki Buddha

Kami sudah menunggu sekitar 2 jam untuk menyaksikan sunset. Namun musim hujan membuat sunset-nya kurang indah karena tertutup awan sedikit. Kami tidak terlalu kecewa, karena pemandangan dari atas Bak Kheng Temple sangat menarik.

Bak Kheng Temple menjadi tempat kami melihat sunset
Puncak Bak Kheng Temple

Pengalaman naik dan turun Bukit Bak Kheng juga sangat menarik tentunya. Kami sangat sarankan untuk mengenakan topi dan kacamata hitam, untuk menghalau terik panas dan silaunya sinar matahari ketika menunggu sunset.

Bak Kheng Temple ditutup jam 6 sore, jadi memang setelah itu semua pengunjung bergegas turun dikarenakan tidak ada lampu sama sekali. Tentu saja akan terasa lebih aman untuk kembali beramai-ramai dengan pengunjung lainnya. Para petugas kuil pulang di paling akhir dan belakang untuk memastikan semua pengunjung sudah turun dan tidak ada yang tertinggal.

kami ketika menyaksikan sunset di bak kheng temple
Sunset Tertutup Awan

Pub Street Siem Reap

pub street siem reap kamboja
Pub Street

Pub Street merupakan jalan-jalan yang dikhususkan untuk tempat makan serta tempat berbelanja khusus turis. Jadi memang disini selalu sangat ramai dengan penjual serta pembeli asing alias turis mancanegara. Namun sayang sekali dikarenakan pandemi Corona, maka ketika Kami datang mengunjungi banyak tempat makan yang tutup dan sedikit turis asing yang terlihat.

Intinya terlihat dan terasa sepi. Lany pun mengatakan ketika dulu sebelum pandemi Corona bahkan bisa sampai berdesak-desakan karena banyaknya orang mengunjungi Pub Street ini.

Pada artikel selanjutnya Kami akan membahas mengenai hari terakhir Kami di Siem Reap beserta lebih banyak tempat yang akan dikunjungi. Stay tuned, guys…