Liburan seru ke beang mealea, siem reap, cambodia

Petualangan Seru Mengunjungi Siem Reap 4 Hari 3 Malam

Di pagi hari ke-5 ini kami pun bangun untuk menikmati breakfast serta bersiap-siap untuk perjalanan ke Siem Reap. Untuk breakfast di Hotel Mito ini Kalian hanya bebas memilih 1 menu utama. Namun free flow untuk buah, roti, susu, teh, kopi, dan yang lainnya. Lalu untuk dining room nya terletak di atas dari coffee shop yang memang ada di lantai dasar Hotel Mito.

Hari Ke-5 Petualangan Seru Mengunjungi Siem Reap Menggunakan Bus

Dari Hotel Mito menuju pusat terminal Bus Sorya 168 di Central Market hanya sekitar 20 menit saja. Kami beli tiketnya ketika menginap di Lavanya Boutique Hotel, karena hanya sekitar 5 menit saja berjalan kaki ke Central Market. Untuk keberangkatan busnya sedikit telat sekitar 20 menit dari jam keberangkatan 9 pagi waktu setempat.

Untuk artikel perjalanan kami sebelumnya bisa dibaca dibawah ini :

Lama perjalanan ke Siem Reap sebenarnya hanya akan memakan waktu sekitar 5 – 6 jam. Namun bus Kami sampai di terminal Siem Reap pada pukul 4 sore waktu setempat.

perjalanan menuju ke siem reap menggunakan bus
Bus Phnom Penh – Siem Reap

Sehingga memakan waktu perjalanan selama 7 jam. Tidak ada perbedaan waktu antara INDONESIA BARAT dan Kamboja, sehingga Kalian tidak perlu mereset jam WIB ketika sampai di Kamboja.

Siem Reap: Kota Santai yang Memikat

penampakan dari kamar hotel chheng residence siem reap cambodia
Dari Balkon Chheng Residence

Petualangan seru mengunjungi Siem Reap ini, Kami menggunakan jasa Tuktuk driver sekaligus tour guide bernama Lany. Kami sangat terbantu karena Lany membantu merencanakan itinerary Kami selama di Siem Reap dari hari pertama sampai hari terakhir.

Untuk bepergian menggunakan tuktuk driver ini bisa dikatakan sangat menghemat biaya. Lany sendiri ternyata juga seorang Muslim jadi Kalian yang umat Muslim akan sangat cocok menyewa Lany. Karena Lany tentu saja akan bisa merekomendasikan makanan halal untuk Kalian selama di Siem Reap.

Bagi Kalian yang akan berpergian ke Siem Reap-Kamboja maka Kalian bisa menghubungi Lany. Sehingga rencana Kalian mengunjungi Siem Reap akan lebih mudah dan praktis.

Kontak Lany yang bisa dihubungi :

Ketika Kami sampai di Terminal Siem Reap, Lany sudah lebih dulu menanti Kami disana dengan membawa kertas bertuliskan RSM. Hanya sekilas pandang Kami sudah bisa mengenali Lany karena parasnya memang mirip dengan yang ada di akun Instagramnya.

Lany menjemput Kami dengan menggunakan Bajaj karena memang tidak langsung terkena debu dan air hujan. Dia juga bertanya Kami lebih memilih naik Tuktuk atau Bajaj, jadi tentu saja Kami memilih Bajaj karena memang jauh lebih nyaman.

chheng residence siem  reap cambodia
Kolam Renang Chheng Residence

Dari Terminal Lany langsung mengantarkan Kami ke Chheng Residence yang sudah Kami pesan secara online untuk 2 malam. Hotelnya memang berada di jalan lumayan kecil tapi ternyata area dalamnya sangat luas dan menarik. Staf Chheng Residence juga sangat ramah dan cepat tanggap ketika Kami check in. Di awal Kami sudah sangat puas dengan Chheng Residence karena kamarnya luas dan juga sudah termasuk bathtub di setiap kamarnya.

Lalu Kami juga meminta tolong ke Lany untuk me-laundry-kan baju kotor Kami dari Phnom Penh. Sebenarnya bisa laundry di hotel tapi sudah jelas akan jauh lebih mahal. Harga laundry di hotel $2.5 per kg, sedangkan Lany laundry hanya $1.5 per kg

Mall Kecil Siem Reap, Heritage Walk Mall

Kami beristirahat sebentar untuk mandi dan kemudian langsung pergi mencari makan malam di Heritage Walk Mall. Btw Lany sangat kooperatif dan menawarkan diri untuk mengantar serta menjemput Kami dari Heritage Walk Mall. Selagi Kami mandi, Lany juga pulang mandi dulu ke rumahnya yang memang pas berada di tengah kota. Jadi memang tidak mengherankan Lany selalu bisa sangat tepat waktu setiap menjemput Kami.

makanan all you can eat Yummy Korea Kimchi siem reap cambodia
Korean Hotpot

Heritage Walk Mall ini mungkin menjadi Mall terbaik di Siem Reap karena tergolong merupakan mall baru. Di Heritage Walk Mall tentu saja ada banyak tenant makanan, namun ketika itu Kami tertarik untuk makan All You Can Eat Buffet.

Dengan hanya $7.5 Kami bisa memasak makanan Korea sepuasnya yang ada di Yummy Korea Kimchi. Makanan All You Can Eat Buffet ini Kita masak sendiri seperti hotpot ala Korea yang sering terlihat di drama Korea. Cukup menarik hanya dengan harga $7.5 saja sudah bisa racik makanan sesuai selera sepuasnya.

Disana banyak terdapat pilihan bumbu dan saus asli Korea, lalu ada banyak daging dan sayuran serta gorengan. Kimchinya terasa enak sekali! Namun jika ingin menambah mie instan asli Korea seperti Samyang Kamu akan di-charge $1. Di hari itu owner-nya ada datang mampir dan memang asli orang Korea, pantas saja rasa dan nuansanya sangat Korea.

Rating Restoran Yummy Korea Kimchi: 7.5 / 10.

Hari Ke-6 Menelurusi Kota Siem Reap

Di hari pertama di Siem Reap ini Kami akan mengunjungi:

• Beang Mealea
  • Preah Ko Temple
  • Bakong Temple

Tiket Masuk Komplek Angkor Wat Yang Tidak Bisa Dibeli Secara Online

Sebelum menuju Beang Mealea, Lany mengarahkan kami untuk membeli tiket masuk Komplek Angkor Wat secara offline. Jadi memang tiket masuknya hanya bisa dibeli secara langsung di Konter Tiket Masuk Taman Angkor di Jalan Apsara.

perjalanan menuju ke pembelian tiket angkor wat dan beang mealea
Tuktuk Lany

Konter Tiket Masuk Taman Angkor ini buka hanya dari jam 4.30 pagi sampai 5.30 sore saja. Patut dijadikan catatan bahwa tiket masuk sama sekali tidak bisa dibeli secara online. Kamu tidak bisa membelinya dari pihak ketiga seperti dari hotel maupun dari agen tur, jadi jangan sampai tertipu.

Dikarenakan ketika Kamu membeli tiket masuknya maka Kamu akan difoto dan wajah Kamu akan tercetak di tiket masuknya. Maka dari itu tiketnya tidak bisa dibeli online dan pemalsuan tiket masuk merupakan tindakan kriminal di Siem Reap.

Untuk tiket masuknya tersedia dari yang 1 hari ($37), 3 hari ($62) , dan 7 hari ($72) masuk ke kompleks Angkor Wat. Jadi dijaga baik-baik tiket fisiknya jangan sampai hilang karena tidak menerima dalam bentuk foto juga. Tiket masuk ini juga sebagai tiket masuk gratis ke toiletnya, kalau tanpa tiket diwajibkan untuk membayar pemakaian toilet.

tempat pembelian tiket angkor wat, siem reap
Konter Tiket Masuk Taman Angkor Wat

Untuk counternya sebenarnya ada banyak, namun ketika Kami pergi yang buka hanya 2 counter saja. Yang diwajibkan tiket masuk hanya turis mancanegara, sedangkan untuk warga lokal 100% gratis biaya masuk. Maka dari itu disini saja sudah terlihat jelas sepi tiada turis mancanegara dikarenakan pandemi Corona. Untuk turis yang ada pun merupakan turis yang terdampar dikarenakan belum bisa pulang kembali ke negara asalnya.

Dresscode Mengunjungi Komplek Angkor Wat Serta Do’s dan Dont’s

Jika Kamu tidak berpakaian seperti etiket yang sudah ditentukan, maka jelas Kamu akan dilarang masuk menginjakkan kaki di kuil. Secara garis besar berikut adalah etiket berpakaian untuk masuk ke semua kuil:

• Mengenakan baju atau atasan yang menutupi bahu dan tidak bolong di bagian perut / dada / punggung. Jadi Kamu mungkin bisa membawa syal atau jaket / kardigan untuk menutupi bahu ketika dibutuhkan.
  • Mengenakan bawahan yang menutupi lutut, jadi tidak mengenakan celana atau rok pendek. Mungkin Kamu bisa membawa kain sarung tambahan yang bisa dililit di pinggang.

Do’s

• Jaga baik-baik tiket masuk fisik ke komplek Angkor Wat, karena merupakan tiket masuk ke kuil dan ke toilet secara gratis. Jika hilang maka tidak ada cara lain selain membeli ulang di konter resminya.
  • Ada baiknya Kamu untuk membawa topi dan kacamata hitam, karena memang bisa menjadi penolong di tengah terik dan silaunya matahari.
  • Kami sarankan untuk mengenakan pakaian yang tipis serta longgar untuk mencegah baju basah oleh keringat.
  • Kenakanlah pakaian yang paling nyaman dan sebisa mungkin hindari yang berbahan jeans. Karena medan kuil bisa susah didaki dan jeans jelas menjadi sangat tidak praktis.
  • Kami sarankan mengenakan alas kaki yang juga nyaman karena sudah jelas akan banyak digunakan untuk berjalan mengelilingi.
  • Jangan lupa untuk mengenakan sunscreen untuk melindungi kulit lebih belang dari terik panas matahari.

Dont’s

• Jangan pernah buat kegaduhan di area kuil untuk menghormati kesucian kuil, karena bahkan masih ada kuil yang dijadikan tempat beribadah.
  • Jangan menyentuh ukiran kuil, memanjat kuil, mencoret / merusak kuil, atau bahkan memindahkan reruntuhannya.
  • Jangan pernah melanggar masuk ke daerah dengan papan larangan “NO ENTRY”.
  • Jika bertemu dengan biksu maka jangan pernah sembarangan memotret atau bahkan menyentuh mereka. Terutama untuk perempuan untuk tidak terlalu berdekatan apalagi sampai menyentuh biksu.
  • Jangan memberi makan monyet liar, di beberapa kuil Kamu akan bertemu dengan monyet liar.
  • Jangan memberikan uang ke anak-anak yang mengemis. Meskipun Kami ada sempat memberikan uang juga karena anak kecil tersebut sudah membantu memotret Kami 🙁

Perjalanan Ke Beang Mealea

Untuk petualangan seru mengunjungi siem reap hari pertama ini tujuan kami adalah Beang Mealea. Beang Mealea kebetulan terletak sejauh 57.5 Km lebih dari Siem Reap. Perjalanan menggunakan Bajaj sekitar 1 jam ini lumayan menantang karena memang sedang musim hujan ketika kami kunjungi.

liburan ke beang mealea, siem reap

Tapi masih jauh lebih mending daripada jika berpergian dengan menggunakan Tuktuk tentunya yang akan langsung membuat Kita terhempas angin. Ketika setengah perjalanan menuju Beang Mealea hujan turun dengan deras, bahkan ketika sampai pun juga masih rintik lumayan lebat.

do not touch beang mealea, cambodia

Namun setelah 10 menitan sampai di lokasi, hujan pun berhenti dan sinar matahari langsung menusuk ke kulit meskipun masih mendung. Untuk Beang Mea ini memang berada di sekitar hutan dan banyak reruntuhannya yang berada di tengah perpohonan.

Liburan seru ke beang mealea, siem reap, cambodia

Sehingga memang Beang Mealea sendiri terkenal juga sebagai Jungle Temple (Kuil Rimba). Jadi memang sensasi menyusuri Beang Mealea ini berbeda dengan ketika menyusuri Temple lainnya.

reruntuhan beang mealea siem reap cambodia

Kami sarankan Kalian untuk lebih berhati-hati menyusuri Temple yang ada apalagi ketika hujan. Karena memang medannya yang sudah curam lalu akan menjadi lebih licin dan jadi lebih berbahaya tentunya.

reruntuhan di beang mealea siem reap cambodia

Preah Ko Temple

Setelah Kami selesai mengunjungi Beang Mealea maka sinar matahari mulai muncul sepenuhnya menusuk ke kulit. Kuil selanjutnya yang dituju searah menuju jalan pulang yaitu ke Preah Ko Temple.

preah ko temple siem reap
The Sacred Bull

Kuil yang satu ini lumayan luas untuk dilihat dimana ada 3 kuil di pelataran atas. Kuil di tengah memang lebih tinggi dan dikhususkan untuk memuja Dewa Siwa berdasarkan ukiran dewa yang ada di kuilnya.

cantiknya preah ko temple siem reap

Kuil Preah Ko ini juga disebut sebagai The Sacred Bull Temple (Kuil Banteng Keramat). Dikarenakan Kalian akan melihat ada sebuah patung banteng tepat di depan kuil bagian tengah.

liburan ke siem reap preah ko, cambodia

Bakong Temple

Bakong Temple akan menjadi kuil terakhir yang Kami kunjungi di hari ini karena waktu juga sudah menjelang cukup sore. Dari Preah Ko Temple tidaklah jauh untuk menuju ke Bakong Temple ini. Bakong Temple termasuk lumayan luas dan juga masih sering digunakan sebagai tempat ritual keagamaan.

foto cantik dari bawah bakong temple cambodia

Bentuk Bakong Temple memang terlihat seperti piramid dari jauh, karena Kalian harus menapaki anak tangga untuk mencapai ke puncak atas. Untuk Bakong Temple menjadi kuil pertama yang dibangun menggunakan batu pasir dan dikenal juga dengan sebutan Mountain Temple (Kuil Gunung).

pemandangan dari puncak bakong temple siem reap
View Dari Puncak Bakong Temple

Setelah menelusuri kuil terakhir ini Kami pun diajak makan Lany ke restoran halal yang diketahuinya. Kami memang makan apa saja, jadi memang tidak masalah juga jika makan makanan yang halal saja. Selama Kami makan, Lany sama sekali tidak mau ikut makan bersama Kami. Lany hanya minum air putih dan kembali ke Bajajnya sembari menjaga barang bawaan Kami.

Siem Reap sebenarnya ramai dikarenakan merupakan kota penarik turis terbesar di Kamboja selama ini. Tapi sayangnya karena pandemi Corona menyebabkan Siem Reap menjadi sepi karena banyak restoran serta toko yang juga tutup. Kami turut merasa sedih di tengah pandemi Corona yang jelas sangat merugikan Kita semua.

bakong temple siem reap cambodia
Puncak Bakong Temple

Namun sisi positifnya adalah Kami bisa lebih mensyukuri dan menikmati perjalanan kali ini. Karena masih banyak orang lain yang tentu masih tidak sebebas Kami untuk merasa aman bisa pergi liburan. Semoga saja pandemi Corona cepat berlalu dan Kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa mengunjungi destinasi impian di wishlist Kita.

Untuk artikel Petualangan Seru Mengunjungi Siem Reap, Cambodia hari kedua akan kami bahas pada artikel berikutnya 😉