Serunya Menelusuri Nusa Penida Part 3

Hari ke-3 menelusuri Nusa Penida alias last day di Nusa Penida bersama Jerry dan Benny – adik Gua, akhirnya tiba. Kami sudah merencakanan akan pergi berbagai tempat lainnya di Nusa Penida yang berbeda seperti hari kemarin. Sudah dijadwalkan akan kemana Kami hari ini dengan rute yang berbeda dari hari kemarin.

Baca artikel part 1 dan 2 nya pada link bawah ini :

Setelah menyantap sarapan pagi yang sudah disediakan oleh Sebrang Hill Bungalow seperti setiap pagi. Kami langsung bergegas menuju spot tujuan Kami hari ini yaitu Goa Giri Putri. Yup, Goa satu ini memang sudah di kenal luas di Nusa Penida sebagai tempat suci.

Goa Giri Putri Yang Berbeda Dengan Tempat Suci Lainnya!!!

Untuk menuju spot satu ini Kami membutuhkan waktu sekitar 40 – 50 menit dari tempat penginapan Kami. Kalian akan di suguhkan pemandangan yang SANGAT CANTIK untuk menuju tempat satu ini, mengapa? Karena Kalian akan melewati jalur tepat di samping laut, sehingga pemandangan yang disuguhkan akan sangat menarik.

Namun, pastikan untuk tetap fokus pada perjalanan karena sangat beresiko jika lalai sedikit saja. Setelah sampai tujuan maka Kalian diharuskan untuk menyewa atau mungkin membeli sarung jika ingin dijadikan sebagai kenang-kenangan. Untuk menyewa sarung pun sangat murah, karena hanya Rp 5.000 saja untuk harga sewanya.

Gua (Kiri), Benny (Tengah), Jerry (kanan)
Cheers, Smile πŸ™‚

Setelah menyewa sarung di toko daerah sekitar parkiran maka Kalian bisa langsung ke Goa yang dituju. Sesudah sampai di Goa Giri Putri, maka Kalian akan di persilahkan mengisi buku kunjungan. Mereka akan meminta bayaran sebesar Rp 20.000 untuk turis lokal. Untuk apa biaya ini? Pastinya untuk biaya pemeliharaan dan peningkatan tempat wisata Goa Giri Putri ini sendiri.

Wherever You Go, Go With All Your Heart!!! ❤️

Berapa biaya untuk turis asing jika ingin memasuki spot satu ini? Sekitar Rp 50.000 biaya untuk turis dari negara lain. Untuk biaya masuk ini sendiri tentu saja wajar untuk digalakkan. Agar tentunya warga lokal memiliki sumber dana untuk biaya maintenance yang tentu saja tidak murah. Tentunya semakin meningkat kualitas tempat wisata juga akan menarik lebih banyak lagi turis lainnya.

Setelah itu maka Kalian akan diajak untuk masuk ke Goa Giri Putri melalui lubang kecil sebagai pintu masuknya. Tentunya Goa ini cukup besar dan sering di jadikan tempat sembayang bagi umat beragama Hindu. Namun ternyata di dalamnya juga terdapat patung yang menjadi lambang agama Buddha. Ternyata memang Goa ini ada unsur Agama Buddha juga di dalamnya.

Goa Terbesar Di Nusa Penida, Yang Merupakan Tempat Ritual Keagamaan

Untuk foto didalam Goa, sudah Gua coba abadikan menggunakan kamera. Namun entah mengapa semua fotonya blur dan ada kilatan cahaya. Tapi ketika Gua ambil menggunakan kamera HP, hasil fotonya baik-baik aja. Tentunya tempat ini bisa Kalian kunjungi untuk melihat cara beribadah di tempat suci di area Nusa Penida itu sendiri.

Adanya Pemujaan Kepada Dewa – Dewi Sama Seperti Agama Buddha Di Goa Giri Putri

Atuh Beach Yang Sangat Menarik Untuk Di Kunjungi

Setelah selesai di Goa Giri Putri maka Kami langsung bergegas menuju ke Atuh Beach. Untuk sesampai disana Kami membutuhkan waktu berkisar 35 – 45 menit. Pastikan untuk menikmati perjalanan yang ada karena memang di suguhkan pemandangan yang sangat cantik dengan langsung melihat ke laut.

Pemadangan Indah Atuh Beach Dari Atas

Setelah sampai pada Atuh Beach maka Kalian juga harus turun ke bawah untuk bisa bermain di pantainya. Tentunya perjalanan untuk ke bawah tidaklah berbahaya seperti menuruni bukit sebelumnya. Untuk turun hanya membutuhkan waktu 10 – 15 menit saja.

Pemandangan Yang Indah Di Atuh Beach

Pada Pantai Atuh ini Kalian dapat bermain di pantainya karena memang ombaknya yang tidak besar. Pemandangan pada pantai ini sangat menarik dan unik karena terlihat seperti batu karang yang besar di tengah lautnya. Meskipun bisa memainkan air di Pantai Atuh namun pada pantai ini ada banyak batu. Sehingga pastikan Kalian bermain di air dengan berhati – hati.

Kesalahan Dalam Mengambil Rute Perjalanan!!!

Tujuan Kami memang pergi ke Atuh Beach namun seharusnya Kami mengarah ke Jogglo Viewpoint atau Pantai Diamond. Dengan mengarahkan ke spot satu ini maka Kalian bisa langsung memilih ingin ke Atuh Beach (belok kiri) atau Pantai Diamond (belok kanan).

Di Sebrang Sana Adalah Viewpoint Jogglo, Gua Salah Rute!!!

Karena kesalahan dalam memilih rute, maka Kami harus mengendarai sepeda motor lagi sekitar 30 – 40 menit lagi ke Jogglo Viewpoint yang hanya ada di seberangnya. Karena Kami sebelumnya hanya menuju langsung ke Atuh Beach sehingga hanya ada 2 pilihan untuk ke Diamond Beach yang hanya di sebelahnya. Menaiki tangga lainnya lagi untuk ke seberang atau menaiki sepeda motor. Tentunya menaiki tangga untuk ke seberang akan membuat Kami lelah karena harus menuruni dan menaiki bukit lagi.

Karena itu Kami langsung bergegas sesudah bermain di Pantai Atuh untuk bisa mendatangi Pantai Diamond. Tentunya Pantai Diamond sendiri ini memang menampilkan pemandangan yang indah dari atas bukit. Tidak heran jika banyak orang yang mengabadikan momen ketika berkunjung ke spot satu ini.

Diamond Beach Yang Sangat Indah Dan Harus Di Kunjungi!!!

Percaya atau tidak, jika Kalian menelusuri Diamond Beach Nusa Penida maka Kalian langsung akan menyukainya. Yup, spot satu ini merupakan spot yang harus Kalian kunjungi jika Kalian berkunjung ke Nusa Penida. Pastikan juga jika Kalian mengunjungi spot satu ini tidak pada siang hari karena ramai pengunjungnya.

Diamond Beach Yang Termasuk Spot Terbaik Dan Harus Di Datangi Ketika Menelusuri Nusa Penida

Gua akan menyarankan untuk datang spot satu ini pagi hari atau mungkin sore hari. Sehingga Kalian dapat menikmati pemandangan yang disuguhkan ini tanpa kerumunan orang. Kami datang pada lokasi ini menjelang sore hari dengan banyak orang masih mengunjungi tempat ini. Namun meskipun begitu, ketika Kami ingin pulang dari tempat ini sudah sepi pengunjungnya. Sehingga sangat menarik dan lebih baik untuk menikmati suasananya yang ada pada spot satu ini.

Tentunya Gua akan sangat merekomendasikan untuk mendatangi spot satu ini ketika menelusuri Nusa Penida. Perjalanan untuk ke bawah juga tidak terlalu berbahaya karena sudah ada tali yang di jadikan sebagai pegangan. Spot ini juga sudah di biayai pemerintah langsung, sehingga akan lebih mudah untuk turis mengelilingi spot satu ini. Meskipun begitu Kalian juga harus tetap berhati – hati ya guys…

Kalian Juga Harus Tetap Berhati – Hati Ketika Akan Turun Ke Bawah!!!

Ketika sudah sore hari, jika Kalian beruntung maka Kalian bisa melihat pantai Atuh menjadi surut sekitar 1 Km dari bibir pantainya. Hal ini sangat jarang terlihat langsung karena terjadi dalam waktu yang tidak bisa di tentukan. Namun pas Gua disini Gua lupa untuk mengabadikan momennya, mungkin hal ini sebagai tanda bahwa Gua harus balik lagi ke tempat ini someday???

Spot Selanjutnya Rumah Pohon Tapi Sayang…..

Dari spot sebelumnya yakni Pantai Diamond ke Rumah Pohon memakan waktu 35 – 45 menit. Sesampai di area kawasan ini maka untuk ke Rumah Pohon harus menuruni bukit lagi. Namun karena waktu yang sudah menjelang sore hari maka Kami membatalkan niat untuk ke bawah.

Oiya, untuk masuk kawasan Rumah Pohon ini maka Kalian akan di minta bayaran Rp 5.000 – 10.000 tergantung membawa kendaraan apa. Namun tidak perlu khawatir, karena pemandangan yang di suguhkan akan sangat worth it.

Perjalanan Turun Ke Rumah Pohon, it will be easy for all of you guys πŸ™‚

Sebenarnya bukan hanya waktu saja yang tidak cukup, namun memang Benny dan Jerry yang sudah lelah juga. Sehingga Kami semua membatalkan untuk menelusuri Rumah Pohon di bawah sana. Gua sangat menyayangkan hal ini karena Gua sendiri pengen tahu pemandangan langsung di bawah sana. Namun memang situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan juga, maka Kami langsung bergegas pulang.

Perjalanan dari Rumah Pohon ke penginapan Kami membutuhkan waktu kurang lebih 55 – 65 menit. Hari ini menjadi hari terakhir Gua di Nusa Penida karena memang besok pagi harus bersiap untuk ke pelabuhan dan nyebrang ke Bali.

After only 3 days in Nusa Penida, I’m gonna say this island is so so so beautiful. You gonna miss a lot beautiful destinations if you doing a one day trip. I really recommend it for you to come here for your trip, but not a one day trip!!!

Gak banyak foto bertiga yang di miliki, so far this is the best picture of us on my phone and want to say thanks to them for joining me in this trip πŸ™‚

Gua rasa menelusuri Nusa Penida adalah perjalanan terbaik yang pernah Gua jalanin. Mungkin karena bareng adik Gua si Benny atau mungkin karena memang Nusa Penidanya? Mungkin lebih tepatnya karena menjelajahi tempat yang baru bersama Benny & Jerry . Benny yang termasuk orang yang gua sayang dan teman deket gua yang sudah gua anggap kakak gua sendiri Jerry.

Gua yakin menelusuri Nusa Penida ini merupakan langkah awal yang akan membuat Gua selalu bersemangat untuk travel ke tempat lainnya. Cant wait to go to my next destinations πŸ˜‰

Better To See Something Once, Than Hear About It A Thousand Times.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas