Solo Traveling, Ini Keuntungannya Dan Kerugiannya

Apakah Kamu pernah membuat rencana liburan dengan keluarga, teman atau bahkan dengan pasanganmu dari jauh hari? Namun ketika mendekati hari H, dikarenakan satu dan hal lainnya membuat Mereka menjadi batal pergi. Sehingga pada akhirnya Kamu hanya mempunyai dua pilihan, yaitu membatalkan rencana tersebut atau tetap pergi dengan melakukan Solo Traveling.

Mungkin Kamu masih asing dengan istilah Solo Traveling. Solo Traveling adalah seseorang yang melakukan perjalanan atau liburan seorang diri saja. Dimana orang ini tidak melakukan Traveling bersama orang yang dikenalnya karena memang hanya sendiri saja. Namun mungkin sekali untuk Solo Traveler ini untuk kemudian bertemu dengan teman seperjalanan di destinasi tujuannya.

Melakukan Solo Traveling tentu saja dapat memberikan dampak positif untuk dirimu. Namun tentu saja juga ada dampak negatifnya. Untuk lebih jelasnya, maka bisa Kamu baca artikel Kami ini sebagai pertimbangan sebelum memutuskan nantinya.

Baca juga :

Pada artikel ini Kami akan membahas keuntungan dan kerugian ketika Kamu melakukan Solo Traveling. Kamu tentu saja patut tahu keuntungan dan kerugian yang bisa ditimbulkan. Kamu tentu saja tidak ingin mengalami masalah ketika melakukan Solo Traveling, bukan? Yang pada akhirnya malah membuat rencana Traveling Kamu menjadi berantakan dan kacau.

Sisi Positif (+) Dan Negatif (-) Dari Solo Traveling

Melakukan Solo Traveling tentu saja bisa menjadi hal yang paling menyenangkan untuk Kamu lakukan. Mengingat dalam hal ini, Kamu tidak terikat dengan siapapun. Karena Kamu hanya bepergian dengan dan hanya untuk dirimu saja. Tidak ada orang lain yang perlu Kamu khawatirkan selain dirimu, tentunya.

Kamu tentu saja harus banyak membaca artikel serta pengalaman Solo Traveler. Hal ini jelas saja dapat Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dan juga acuan dalam menyusun rencana Kamu.

Langsung saja berikut adalah Keuntungan dan Kerugian dalam melakukan Solo Traveling :

Sisi Positif (+) Dari Solo Traveling

  • Menghemat BUDGET!

solo traveling akan membuat kamu lebih hemat
Photo by Pinterest

Meskipun ini bisa jadi merupakan keuntungan yang relatif. Namun mungkin sekali bagi Kamu akan sangat menghemat biaya jika melakukan Solo Traveling. Karena disini Kamu hanya perlu membiayai dirimu saja. Kamu bahkan juga tidak bisa bergantung kepada orang lain, karena memang tidak ada Partner Traveling Kamu.

Hal ini akan sangat berbeda ketika Kamu melakukan Traveling dengan keluarga, teman, atau bahkan pasanganmu. Meskipun memang biaya transportasi dan akomodasi bisa dibagi rata jika Kamu melakukan Group Traveling.

Terkadang Kamu memaksakan diri untuk mengikuti keinginan Mereka, dalam hal berpergian dan makan, walaupun sebenarnya Kamu tidak ingin. Hal ini lah yang bisa memperbesar budget dari yang sudah ditentukan.

Karena tidak ada orang yang mengajak Kamu untuk melakukan atau mencoba ini itu, maka Kamu bisa berhemat. Kamu juga tidak bisa gelap mata ketika sedang makan atau berbelanja. Karena Kamu sadar Kamu hanya sendirian dan mungkin saja takut akan kekurangan uang di tengah liburan.

Cara melakukan Traveling hemat sudah Kami bahas pada artikel sebelumnya. Jika Kamu berkenan, bisa Kamu coba baca.

  • Bebas Melakukan Apa Saja Yang Kamu Sukai

solo traveling membuat kamu bebas melakukan apa saja yang kamu suka
solo travel make u can do whatever u want

Ini bisa jadi merupakan keuntungan mutlak yang bisa Kamu dapatkan dari Solo Traveling. Dikarenakan tidak akan ada orang yang berbeda pendapat dengan dirimu. Kamu hanya mementingkan dan memikirkan dirimu seorang saja.

Hal ini lah menjadi salah satu faktor terbesar yang mendorong orang untuk melakukan Solo Traveling. Dikarenakan kepraktisan dan kenyamanan mutlak yang akan Kamu dapatkan. Kamu tidak perlu mengikuti rencana perjalanan orang lain.

Kamu juga tidak perlu memaksakan diri makan di tempat yang tidak Kamu inginkan. Intinya Kamu tidak perlu mengikuti orang lain ataupun orang lain untuk mengikuti rencana Traveling Kamu.

Ketika Kamu melakukan Solo Traveling, Kamu bebas untuk beristirahat kapan pun dan untuk selama apa pun yang Kamu inginkan. Kamu juga bebas berpergian kemana saja serta menginap tidur dimana pun. Tidak akan mungkin terjadi perbedaan pendapat.

  • Kamu Pasti Mendapatkan Kenalan Baru

solo traveling membuat kamu mengenal teman baru
Photo by Pinterest

Memang meskipun Kamu melakukan Group Traveling, Kamu juga bisa mendapatkan kenalan baru. Namun tetap saja kemungkinannya jauh lebih kecil daripada jika Kamu melakukan Solo Traveling.

Dikarenakan ketika Group Traveling, Kamu akan lebih nyaman berinteraksi dengan Mereka ketimbang orang baru lainnya, bukan. Dengan Solo Traveling akan membuat Kamu “terpaksa” untuk berinteraksi dengan orang baru lainnya. Yakni bisa sesama pelancong ataupun p enduduk lokal setempat.

Dengan melakukan Solo Traveling akan meningkatkan kemampuan sosialisasi Kamu. Karena Kamu paling tidak akan melakukan kontak dengan orang lain, baik yang setujuan maupun tidak dengan Kamu.

Hal seperti ini sudah pasti akan Kamu temui ketika Kamu melakukan Solo Traveling. Situasi seperti ini juga Saya temukan ketika berlibur ke Sydney saat acara tahun baru. Dimana Saya mulai menyapa orang – orang di sekeliling Saya dengan tujuan yang sama, yaitu merayakan acara tahun baru pada saat itu.

  • Melatih Mental Kamu

Melakukan Solo Traveling secara sadar maupun tidak akan membuat Kamu menjadi lebih mandiri. Hal ini tentu saja merupakan dampak positif yang bisa Kamu dapatkan. Melakukan Solo Traveling tentu akan membuat Kamu menjadi lebih dewasa.

solo traveling akan melatih mental kamu juga
honestly, i really forget which beach in this pict 😛

Karena Kamu harus merencanakan semuanya dengan matang. Kemudian Kamu hanya akan mengandalkan dirimu sendiri dan bukan orang lain. Sehingga Kamu akan menjadi penuh pertimbangan demi keamanan dan kenyamanan Kamu selama Traveling, tentunya.

Sehingga tidak mengherankan jika memang semakin banyak anak muda maupun yang sudah berumur untuk melakukan Solo Traveling. Karena mungkin juga Mereka ingin merasakan pengalaman yang berbeda sekali (ataupun lebih) seumur hidup.

Kamu harus mencoba beradaptasi di destinasi yang Kamu kunjungi. Dalam hal kenyamanan, makanan, maupun orang – orangnya. Tentunya hal ini akan membuat Kamu mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.

Ketika melakukan Solo Traveling mungkin sekali Kamu akan menghadapi beberapa masalah di luar perkiraan Kamu. Sehingga Traveling secara Solo ini juga membuat Kamu untuk berani mengambil keputusan. Dalam situasi dan kondisi yang sulit dengan cepat dan tepat.

Sisi Negatif (-) Dari Solo Traveling

  • Kamu Harus Menyiapkan Semuanya Sendirian

solo traveling berarti mempersiapkan semuanya sendiri
Photo by Pinterest

Ketika melakukan Solo Traveling ini, maka Kamu harus menyiapkan segala hal sendirian. Sehingga memang ini adalah kerugian pertama yang pasti Kamu temui. Lain hal jika Kamu memang sudah terbiasa mengatur segala sesuanya sendiri.

Tentu akan sedikit menyulitkan bagi Mereka yang biasanya tinggal terima beres. Sehingga memang silahkan untuk dipersiapkan dari jauh hari dengan sebaik mungkin. Agar tidak ada miss dan semuanya bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Silahkan Kamu untuk persiapkan booking tempat penginapan, pembelian tiket pesawat pulang – pergi, hingga bagasi dan lain sebagainya.

Pastikan Kamu tidak ketinggalan 10 barang wajib dibawa Traveling ini! Biar Holiday Kamu aman dan lancar, donk!

  • Pengeluaran Bisa Lebih Banyak Dari Budget, Kok Bisa?!

    solo traveling bisa membuat kamu mengeluarkan dana yang lebih banyak
    Photo by Pinterest

Meskipun pada poin di atas Kami menyebutkan bahwa Solo Traveling bisa menghemat biaya Kamu. Namun tidak dipungkiri bahwa beberapa orang malah mengeluarkan dana yang lebih banyak dari yang sudah direncanakan sebelumnya. Lho kok bisa ???

Hal ini terjadi karena ada hal – hal tidak terduga lain yang lolos dari susunan rencana liburan Kamu. Salah satu contohnya adalah ketika Kamu memilih untuk makan di restoran.

Kemudian juga bisa saja Kamu mendatangi tempat wisata yang tidak ada di to do list Kamu. Yang jelas hal ini akan membuat Kamu mengeluarkan dana lebih dari budget yang sudah Kamu tentukan.

Karena Kamu melakukan Traveling secara Solo maka Kamu harus ekstra waspada akan situasi – kondisi di sekeliling Kamu. Dikarenakan Solo Traveler memang rentan menjadi sasaran empuk penipuan di kota destinasi wisata.

  • Kamu Akan Merasa Sendirian

    solo traveling akan membuat kamu merasa kesepian
    Photo by Pinterest

Hal ini tentunya pasti akan dirasakan oleh Traveler Solo kemana pun Mereka pergi. Karena Kita tahu bahwa ketika Kamu melakukan liburan bersama teman-temanmu, Kamu juga bahkan bisa merasakan kesepian.

Sehingga jika Kamu melakukan Solo Traveling, sudah pasti Kamu akan lebih merasa sepi karena tidak ada yang bisa di ajak bicara.

Hal ini memang merupakan bagian dari Solo Traveling dan kamu tidak perlu khawatir akan hal ini. Malah bisa Kamu gunakan untuk merenung dan memikirkan hal – hal lainnya.

Dengan melakukan ini Kami bisa memiliki Me Time yang amat sangat berkualitas. Kamu hanya  perlu untuk fokus pada dirimu sendiri dan bukan orang lain.

  • Foto Yang Di Hasilkan Tidak Akan Sebagus Ketika Liburan Bersama Orang Lain

Hal ini tidak selalu benar, namun memang ketika melakukan Solo Traveling maka Kamu akan kesulitan untuk mengambil latar foto yang bagus dengan Kamu di dalamnya. Dikarenakan memang tidak ada yang bisa membantumu untuk mengambil foto. Sedangkan jika Kamu mengambil selfie, tentu saja pemandangan latarnya akan menjadi sangat terbatas.

Ini merupakan salah satu pengalaman pribadi. Hal ini Saya rasakan ketika berlibur sendirian ke Melbourne untuk menjemput sepupu di malam hari. Namun karena sampainya masih siang di Melbourne, terpaksa untuk keliling kota sendirian. Pada akhirnya cuma banyak memotret pemandangan saja karena memang tidak memungkinkan untuk mengambil selfie.

solo traveling akan membuat kamu kesulitan untuk memfoto dirimu
i guess, this the best pict taken by me… no camera, just iphone 6+ 🙂

Mungkin Kamu berpikir mudah saja dengan meminta kepada orang lain untuk membantu mengambilkan foto. Namun kebanyakan orang tidak akan merasa senang dengan hasilnya, karena foto yang dihasilkan hampir tidak berkualitas. Yang dimaksud tidak berkualitas disini adalah foto yang tidak sama bagusnya dengan ekspektasi Kamu. Orang lain juga bisa saja terganggu dan merasa keberatan untuk membantu Kamu.

Kamu memang bisa mengambil foto sendiri dengan menggunakan Selfie Stick. Namun tetap hasilnya terkadang tidak sesuai dengan ekspetasi Kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan Tripod. Tapi tentu saja akan sedikit repot jika Kamu harus menenteng Tripod kemana pun. Belum lagi kalau ternyata Kamu meninggalkan barangmu secara tidak sengaja.

  • Kamu Harus Bisa Menjaga Keamanan Barang Dan Diri Sendiri

Kamu harus bisa menjaga keamanan diri sendiri yang terutama serta barang bawaanmu. Jangan mudah percaya akan orang yang baru Kamu kenal. Karena dengan demikian, Kamu akan menjadi sasaran mudah untuk ditipu dan diperdaya. Usahakan untuk selalu sadar dan waspada akan situasi dan kondisi sekitar Kamu.

saat solo traveling pastikan untuk menjaga barangmu sebaik baiknya
Photo by Pinterest

Solo Traveler memang akan sedikit kesulitan dalam menjaga keamanan diri dan barang bawaan. Karena tidak ada orang yang Kamu kenal untuk saling menjaga. Namun Kamu harus berani agar tetap aman dan selamat.

Itulah kekurangan ketika Kamu melakukan Solo Traveling. Namun Kamu tidak perlu khawatir. Karena jelas pada akhirnya Solo Traveling ini akan dapat memberikan banyak manfaat kepada Kamu.

Kamu akan mendapatkan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Mengapa Kamu harus travel minimal sekali dalam satu tahun sudah Kami bahas pada artikel sebelumnya. Silahkan Kamu rencanakan dan persiapkan dengan matang jika memang ingin mencoba Solo Traveling. Hal ini agar Kamu bisa menjalani Traveling yang tidak terlupakan.

-You Can. You Should. And If You Are Brave Enough To Start. You Will.

Some Journeys Can Only Be Traveled Alone.-

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas